3 Tanda Anda Harus Memperbaiki SOP Perusahaan

Di era globalisasi saat ini, suatu perusahaan wajib memiliki Standar Operational Prosedur atau yang dikenal dengan SOP. Hal ini dikarenakan SOP berperan penting yaitu sebagai panduan alur bisnis proses di sebuah perusahaan. dari pengalaman kami dilapangan ada beberapa tanda sebuah perusahaan harus memperbaiki SOP yang sudah berjalan. Berikut kami rangkum artikel tentang 3 Tanda Anda Harus Memperbaiki SOP Perusahaan 

Bayangkan jika perusahaan tidak memilki SOP, pastinya pekerjaan karyawan akan tidak terarah dan berantakan. Bagaimana jika perusahaan yang sudah lama menerapkan SOP tetapi masih sering terjadi kesalahan?? Tentunya, Anda perlu melakukan evaluasi berkala guna melihat kesesuai SOP agar bisa dilaksanakan dengan secara maksimal. Berikut 3 tanda Anda harus memperbaharui SOP perusahaan

#1 Sering Terjadi Selisih Kas

Perusahaan memang tidak ambil pusing jika terjadi selisih kas karena yang harus bertanggung adalah si pemegang kas tersebut. Namun jangan salah, jangan hanya terpaku pada besar kecil yang terjadi dan telusuri lebih dalam penyebab selisih kas.

Kas sangat berhubungan dengan operasional, mulai membayar tagihan listrik dan PDAM, telpon dan internet, kebutuhan perlengkapan kantor sampai uang kasbon untuk karyawan yang akan perjalanan dinas. Harus diperhatikan bagaimana penyebab selisih itu terjadi, tinjau ulang sistem pengeluaran kas, siapa yang memberikan persetujuan, berapa batas plafon yang harus dikeluarkan, apa tanda bukti sebagai pengganti kas keluar tersebut. Semua harus diperhatikan lebih detail dan akurat.

Bagaimana pencatatannya tersebut, apakah sudah sesuai dengan kaidah akuntansi yang dapat dipertanggungjawabkan??? Bahkan ketika sudah diketahui bahwa penyebab selisih adalah karena ketidakmampuan SOP menampung transaksi tersebut, maka bisa jadi kerugian yang dialami perusahaan lebih besar dari selisih kas tersebut.

#2 Sering Salah Kirim Barang, Lebih Kirim atau Kurang Kirim

Sebagai pelayanan lebih, banyak perusahaan menyediakan antar kirim barang baik dalam kota maupun luar kota, hanya beberapa perusahaan saja yang memberikan biaya tambahan ke pelanggan karena diluar area mereka. Namun apa jadinya jika usaha perusahaan ini menjadi bumerang, tiba-tiba pelanggan komplain karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan.

Nah, jika ini sering terjadi maka ada yang tidak beras antara gudang, bagian pengiriman dan sales. Semakin banyak intensitas pengiriman, semakin tinggi resiko salah kirim dan semakin kompleks permasalahan yang terjadi. Pertanyaannya, sudahkah proses itu tercover dalam SOP yang ada??? Pengiriman barang melibatkan SOP Penjualan, SOP pengiriman, SOP pergudangan. Ketika barang dimuat harus ada mengawasi langsung, harus ada yang mengecek dan harus ada yang menyetujui. Pastikan setiap proses itu ada dan lakukan evaluasi setiap bulan.

#3 Sering Terjadi Selisih Stock

Untuk tahu stock perusahaan selisih atau tidak, perlu dilakukan stock opname secara menyeluruh. Stock opname bisa dilakukan seminggu sekali, sebulan atau enam bulan sekali tergantung kebutuhan perusahaan. Nah, ketika stock sering ditemukan selisih, maka hati-hati dengan SOP di gudang Anda, jangan-jangan sudah tidak mengakomodir pekerjaan di gudang.

SOP penerimaan barang, produksi, dan pengiriman melibatkan gudang. Jikalau terdapat selisih pasti ada yang tidak beres SOP tersebut baik kurang tepatnya ketika penerimaan barang, ceroboh dalam produksi dan kurang hati-hati ketikamengirim barang. Segera lakukan pembaharuan SOP digudang untuk mencegah selisih lebih banyak.

Dari artikel diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Operasional Prosedur (SOP) harus dievaluasi secara berkala, karena semakin berkembangnya perusahaan semakin kompleks pula permasalahan yang muncul. Bahkan di beberapa perusahaan, mereka memiliki team tersendiri untuk menilai apakah SOP yang diterapkan sudah benar dan masih bisa mengakomodir kebutuhan perusahaan.

Untuk itu yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengantisipasi permasalahan SOP ini yaitu dengan melakukan membentuk team penilai kesesuaian SOP, mengevaluasi SOP yang atau menyewa jasa konsultan SOP. Apabila artikel diatas masih kurang jelas dan Anda ingin menanyakan permasalahan seputar SOP, silahkan klik tombol dibawah ini sekarang untuk mengetahui informasi tentang SOP dan booking sesi konsultasi gratis dengan team kami

Detail Informasi SOP
DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Office SurabayaOffice JakartaInstagramFacebookYouTube