Apa sih Pentingnya Sistem Akuntansi Bagi Perusahaan??

Kata “Sistem” sudah seharusnya menjadi kata yang tidak asing lagi bagi kita. Kata sistem banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kehidupan di masyarakat misalnya digunakan dalam kalimat “sistem buka tutup portal perumahan”, atau di sekolah dengan kalimat “sistem pembelajaran”, hingga digunakan dalam perbincangan di sebuah perusahaan yaitu “Sistem Operasional Prosedur”, “Sistem Manajemen Gudang”, “Sistem Informasi Akuntansi”, dan lain-lain.

Pembahasan disini sebenarnya adalah tentang Sistem Akuntansi dan Sistem Informasi Akuntansi, namun bagi orang awam, kata keuangan lebih familiar dibanding akuntansi. Oleh karena itu, Penulis memilih kata “keuangan” daripada “akuntansi” dengan tujuan agar orang awam atau bukan orang akuntansi-pun setelah membaca artikel ini bisa mengetahui bahwa sistem keuangan dan sistem akuntansi adalah dua hal yang berbeda. Selain itu, agar semua orang mengetahui pengaruh dari sistem akuntansi di Perusahaan.

1# Pengertian

  • SISTEM adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki komponen-komponen penggerak.
  • SISTEM KEUANGAN PERUSAHAAN adalah metode dan prosedur untuk melacak aktivitas keuangan Perusahaan
  • SISTEM AKUNTANSI adalah metode dan prosedur untuk melacak aktivitas akuntansi atau aktivitas mencatat dan melaporkan informasi keuangan (laporan keuangan) Perusahaan. Sistem ini disebut juga 6s. Jadi meskipun ada penggunaan komputer, namun jika tidak ter-integrasi menjad i satu untuk menghasilkan laporan keuangan secara otomatis (seperti yang dihasilkan oleh software akuntansi), maka hal tersebut tetap dianggap sebagai sistem akuntansi manual.
  • SISTEM INFORMASI AKUNTANSI adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data keuangan dan data akuntansi yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Sistem ini disebut juga sistem akuntansi terkomputerisasi. Komputer yang dimaksud disini bukan hanya sekedar memakai komputer, tetapi lebih kearah pemakaian software akuntansi yang terintegrasi untuk menghasilkan laporan keuangan.

Dari pengertian-pengertian diatas akhirnya kita bisa mengetahui dan membedakan antara sistem, sistem keuangan, sistem akuntansi, begitupun juga dengan sistem informasi akuntansi.

2# Komponen dalam Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi bisa berjalan jika komponen-komponen berikut tersedia, yaitu:

  • Manusia/SDM
  • Prosedur
  • Transaksi
  • Dokumen

3# Pentingnya Memiliki Sistem Akuntansi

 

  • Dari segi SDM : Adanya sistem akuntansi di Perusahaan menjadikan awal yang bagus bagi suatu Perusahaan. Kenapa dikatakan demikian, karena untuk melangkah ke tahap sistem informasi akuntansi, dibutuhkan pemahaman yang baik dari SDM (Sumber Daya Manusia) beserta seluruh komponen yang dimiliki Perusahaan, agar proses transisi atau pergantian dari akuntansi manual ke akuntansi terkomputerisasi menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, SDM akan memiliki pedoman dalam melakukan aktivitas pekerjaan di Perusahaan dengan adanya sistem yang sudah dibukukan.
  • Dari segi Prosedur : Sistem akuntansi juga membuat setiap flow atau proses bisnis di Perusahaan menjadi lebih jelas dan terstruktur, karena setiap proses dibukukan atau didokumentasikan.
  • Dari segi Transaksi : Sistem akuntansi juga membuat setiap transaksi diuji sebelum diolah menjadi informasi keuangan (laporan keuangan), sehingga laporan keuangan bisa diandalkan.
  • Dari segi Dokumentasi : Dokumentasi atas setiap transaksi pada Perusahaan yang memiliki sistem akuntansi akan lebih rapi, sehingga mudah dicari saat dibutuhkan.

Hubungan Sistem Akuntansi dengan Laporan Keuangan

Laporan keuangan tanpa sistem akuntansi ibarat persimpangan jalan raya tanpa lampu lalu lintas. Persimpangan jalan raya tanpa adanya lampu lalu lintas menjadikan jalanan tidak terkendali, karena tidak ada yang mengatur. Begitupun dengan laporan keuangan, agar menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan (reliable), maka perlu adanya sistem akuntansi.

Apabila memang Anda rasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini melalui tombol social media yang disediakan, agar lebih banyak orang bisa mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan dibawah ini. Kami akan berusaha membaca komentar atau pertanyaan Anda dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk. dan Apabila artikel diatas masih kurang jelas dan Anda ingin menanyakan permasalahan seputar Sistem Akuntansi, silahkan klik tombol dibawah ini sekarang untuk mengetahui informasi detail tentang Sistem Akuntansi dan booking sesi konsultasi gratis dengan team kami

Informasi Detail Sistem Akuntansi
DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Office SurabayaOffice JakartaInstagramFacebookYouTube