3 Hal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Franchise Makanan

Ketika membuat suatu industri makanan terkadang setelah membuat usaha yang berkembang itu rata-rata ada keinginan untuk memfranchisekan usaha. Sebelumnya harus diketahui bagaimana untuk memulai atau hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat bisnis yang akan  difranchisekan. Yang perlu diketahui adalah:

#1. Sudah memiliki Standart Operating Procedure (SOP) yang baik.

Ketika membuat Franchise pastikan usaha Anda sudah memiliki Standart Operating Procedure (SOP) yang baik. Banyak sekali bisnis franchise diluar sana hanya membuat franchise/secara kemitraan yang mana mereka hanya menjual tapi ternyata SOPnya bermasalah. Jadi ketika anda ingin memulai bisnis yang akan difranchisekan setelah memiliki protect yang bagus, makanan (product), rombong (place) yang sudah bagus anda juga harus memiliki Standart Operating Procedure (SOP) yang baik, jangan sampai mempunyai bisnis yang akan difranchisekan tapi SOPnya bermasalah. Seperti;

  • Bagaimana Anda membuat prosedur pembelian yang baik dan benar, sehingga ketika melakukan pembelian di gudang akan tersimpan dengan baik. 
  • Bagaimana anda mendeliver kepada customer Anda (orang yang akan membeli franchise anda).
  • Bagaimana Anda mencatat keuangan, melakukan penjualan, pendistribusian produk dan lain sebagainya.

Jadi Anda harus memiliki Standart Operating Procedure (SOP) yang detail dan lengkap. Jangan sampai memiliki bisnis Franchise dan SOP belum ada tapi anda buru-buru untuk menjual franchise hanya karena ambisi untuk mendapatkan keuntungan. Maksudnya jangan berharap suatu usaha bisa membesar (berkembang) jika SOP ini belum dikerjakan/dibuat.

#2. Memanfaatkan teknologi untuk mempercepat produktivitas 

Misalkan seperti;

  • Gunakan Software yaitu misalnya, bagaimana mencatat keuangan perusahaan dengan suatu software, bagaimana mitra-mitra Anda juga menggunakan software dan bisa mengirimkan report secara mudah dan cepat.
  • Jangan sampai hanya memikirkan soal jualan produk saja

#3. Melakukan Review

Setelah membuat laporan keuangan, sistem yang jelas, produk yang jelas harus melakukan Review. Ketika sudah memiliki mitra dan pada saat kita menjual franchise kepada mitra, kita menjual produk, merk, teknik dan sebagainya sampai dengan

melakukan training dan mereka melakukannya. Maka review yang bisa dilakukan adalah; 

  • Anda harus melihat Apakah setiap orang/gerai (mitra) melakukan teknik yang tepat. Jika tidak dilakukan review yang bisa terjadi adalah mungkin orang-orang di lapangan akan melihat produk anda jelek ketika mitra anda jelek. Maka anda harus melihat dan memastikan apakah mitra anda melakukan dengan baik atau tidak.
  • Anda harus Membantu mitra dalam mereview kejadian di lapangan. Maksudnya apakah di lapangan terjadi kecurangan atau tidak. Seringkali yang terjadi di lapangan adalah Penjaga outlet (crew dari mitra anda) ketika melayani customer mungkin akan terjadi fraud. Jadi ketika terjadi suatu fraud bagaimana anda mengetahui dengan melakukan review yang tepat supaya mitra anda dapat terbantu dengan review anda. Dan nantinya dapat mengingatkan  mitra-mitra anda supaya mereka dapat mengimprove dan mengembangkan usaha mereka.

Jadi ketika kita membuat suatu franchise kita happy mitra kita juga harus happy, dua-duanya harus happy (saling menguntungkan). Supaya nantinya franchise anda akan dapat berkelanjutan dan berkembang.

Khusus untuk Anda yang ingin mengetahui cara bagaimana suatu usaha dapat berkembang dan berkelanjutan, kami akan memberikan FREE video series bagaimana membuat suatu usaha dapat berkembang dan berkelanjutan. Video series ini terdiri dari 3 video yang mana tiap video nya akan membahas hal yang Anda butuhkan untuk membuat usaha bisa terus berkembang dan berkelanjutan. silahkan klik tombol di bawah ini untuk akses video nya sekarang juga

Saya Ingin Video Series

Bisnis Online vs Offline. Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Di era modern seperti sekarang ini, rata – rata masyarakat menggunakan internet di dalam menjalankan usahanya baik kelas menengah ke bawah maupun menengah ke atas yang mana kini bisnis tersebut dikenal dengan nama bisnis online.

Bisnis Online vs Offline, manakah yang lebih menguntungkan? sangat menarik untuk dibahas karena dengan adanya fenomena seperti ini, pasti banyak pertanyaan yang mana terkait dengan bisnis online ini. Berikut rangkuman mengenai pertanyaan yang kerap kali muncul.

Continue reading

Simak 4 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui Dalam Persiapkan Implementasi Software Akuntansi

Membicarakan software akuntansi, banyak  program akuntansi yang sering di pergunakan oleh beberapa perusahaan – perusahaan besar seperti Accurate, Zahir, Sevensoft, Tally, Bee Accounting, Nexus Distribution.

Namun seiring berjalannya waktu , dengan mewabahnya bisnis-bisnis usaha yang ada di era sekarang ini yang mengharuskan para pelaku usaha bisnis harus bermigrasi dari pembukuan manual ke program.

Adanya software akuntansi yang diperuntukkan untuk segala kegiatan bisnis merupakan salah satu solusi untuk penggunaan teknologi yang mungkin akan dapat dipergunakan dalam mengatur segala hal tentang pembukuan dari keuangan bisnis Anda.

Continue reading

Kenali 9 Cara Efektif Dalam Mencegah, Mendeteksi dan Menginvestigasi Kecurangan Dalam Perusahaan Anda

Di suatu perusahaan yang ideal, laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Mengapa? karena laporan keuangan mempunyai fungsi dalam mencegah, mendeteksi, dan menginvestigasi laporan keuangan di suatu perusahaan. Dan dalam pelaksanaannya, tidak bisa dipungkiri bahwa suatu perusahaan membutuhkan seorang akuntan yang nantinya akan tergabung di dalam divisi internal audit. Tidak bisa dibantah bahwa internal auditor memegang peranan penting dalam mendukung penerapan good corporate governance.

Keterlibatan internal auditor dengan aktivitas operasional sehari-hari termasuk keterlibatan dalam proses pelaporan transaksi keuangan dan struktur pengendalian intern memberi kesempatan internal auditor untuk melakukan penilaian secara berkala dan menyeluruh atas aspek-aspek kegiatan/operasional perusahaan yang memiliki risiko tinggi. Continue reading

Berikut Tips Mengatur Cash Flow Agar Keuangan Perusahaan Anda Tetap Aman!

Mengatur Cash Flow ? Tentu sangat menarik untuk dipelajari bagi Anda sebagai pengusaha yang mempunyai usaha yang sedang berkembang, agar arus kas Anda tetap aman.  Laporan arus kas atau yang dikenal dengan cash flow statement merupakan elemen penting yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan pada suatu periode. Laporan arus kas adalah sebuah laporan yang menunjukkan perincian dari arus kas masuk (penerimaan) dan keluar (pengeluaran) suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.

Yang biasa digambarkan dalam laporan keuangan arus kas (cash flow statement) meliputi jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik, serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban-beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Laporan arus kas dibuat setelah pembuatan neraca keuangan dan disusun berdasarkan data laporan laba rugi periode berjalan serta data dari neraca periode sebelumnya. Continue reading

8 Hal Penting Mengapa Pihak Independen Perlu Menilai Risiko Dan Kinerja Keuangan di Perusahaan Anda

Sebelum membahas apakah perusahaan Anda membutuhkan jasa pihak independen dalam menilai risiko dan kinerja keuangan, maka alangkah baiknya Anda memahami dulu apa saja eksposur yang ada di dalam perusahaan.

Jadi, eksposur merupakan resiko yang timbul dari sumberdaya internal seperti para pekerja atau berasal dari sumber daya eksternal. Eksposur juga merupakan obyek yang rentan terhadap resiko dan berdampak pada kinerja perusahaan apabila resiko yang diprediksi benar-benar terjadi. Eksposur ini paling umum berkaitan dengan ukuran keuangan. Continue reading

1 2 3 5
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube