3 Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

3 Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

Apa yang perlu diperhatikan ketika memilih bisnis waralaba???. Bisnis waralaba untuk saat ini banyak dan bermacam-macam banyak pilihannya tapi tidak semua bisnis waralaba adalah bisnis waralaba yang baik. Sebagai pengusaha yang mana dalam hal ini akan berinfestasi harus jeli dalam infestasi dalam membeli bisnis waralaba. Ada 3 tips dalam memilih bisnis waralaba yang biak dan cocok/sustain, diantaranya:

#1 Perhatikan Standart Operating Procedure (SOP) nya

Pastikan SOP bisnis waralaba yang akan dipilih tersebut sudah benar disegala lini apa belum. Apabila akan membuat waralaba maka pertama bagaimana prosesi penandatanganan kontraknya, bagaimana melakukan pembayaran Down Paymentnya, bagaimana trainingnya, bagaimana penjualannya dan SOP lainnya harus diperhatikan dan SOP tersebut harus jelas semuanya.

#2 Perhatikan Support System

Pastikan ketika membeli diawal jangan membeli merk/brandnya saja. Perhatikan partner bisnis atau yang sebagai pemilik bisnis waralaba tersebut dapat memberikan support yang maksimal. Misalkan bagaimana pihak waralama memberikan training kepada karyawan yang akan membuka bisnis waralabanya, Bagaimana support ketika ada pembukaan cabang baru, disini kalau tidak ada support system dari pihak waralaba tentunya akan kebingungan dan pontang-panting sendiri, system support ketika kesulitan dalam penjualan karena promosi yang dilakukan tidak diperbolehkan seenaknya sendiri harus sesuai dari bisnis waralaba itu sendiri. Jadi benar-benar perhatikan support system dari bisnis waralaba yang akan dipilih. 

#3 Perhatikan Pemilihan Lokasi

Ketika ada suatu kegagalan tidak bisa 100% menyalahkan dari bisnis waralabanya. Tapi juga perlu diperhatikan juga pemilihan lokasi yang akan digunakan dalam membuka bisnis waralaba tersebut. Karena walaupun sudah membeli waralaba yang sudah terkenal branding SOPnya bagus dan Support Systemnya baik belum tentu berhasil jika penentuan lokasinya kurang tepat. Jadi jangan sampai salah memilih lokasi yang akan digunakan  ketika membeli bisnis waralaba tersebut.

 

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube