9 Penyebab Terjadinya FRAUD di Perusahaan Anda

Banyak sekali kecurangan yang terjadi dalam perusahaan dan banyak pula penyebabnya. Ada setidaknya 9 penyebab utama kecurangan itu bisa terjadi. Berikut kami rangkum 9 penyebab atau pemicu fraud (kecurangan) yang dapat terjadi di perusahaan Anda :

#1 Melihat Adanya Sasaran Yang Menarik  

Kita harus mengerti bahwa biasanya kalau seandainya orang itu akan melakukan kecurangan, itu terjadi karena dia melihat suatu sasaran yang menarik bagi dia untuk melakukan kecurangan. Misalkan seorang karyawan bagian  departemen keuangan dan dia selalu megang tas kecil yang nominalnya ratusan juta, nominal ini sangat besar dan seandainya diambil sangat menggiurkan sekali. Yang pertama yang menjadi suatu hal yang dipikirkan jadi orang melakukan ini karena sasaran ini sangat menarik entah itu besar,mudah dia membutuhkan atau dan lain sebagainya sangat menarik bagi si pelaku.

#2 Peluang Keberhasilan Untuk Melakukan Kecurangan Sangat Tinggi

Ketika pelaku melihat sasaran, dia menilai bahwa yang bisa ia lakukan peluang keberhasilannya tinggi jadi pikirnya semisal saya berbuat curang  saya berhasil mengambilnya  dengan sangat mudah.

#3 Merasa Tidak Akan Terdeteksi

Biasanya karyawan yang suka melakukan kecurangan merasa apa yang akan dia dilakukan tidak akan terdeteksi oleh pemilik usaha. 

#4 Berada di Tempat dan Waktu yang Tepat

Ketika dia akan melakukan kecurangan di tempat dan waktu yang tepat. Semisalkan tadi dia memegang ratusan juta, waktunya tepat nih lagi banyak kas dan saya lagi butuh keliatannya bos tidak mengetahui karena tidak dikontrol ambil dulu lah.. Nah ini  penyebab-penyebab primer yang sering terjadi dilapangan.

#5 Ada Motivasi dan Kebutuhan 

Mereka juga akan melihat ketika melakukan hal tersebut, biasanya orang itu juga memiliki sisi baik dan sisi buruk. Kalo sisi buruknya saya mau mengambil  (dengan menggebu dalam hati),  tapi sisi baiknya berfikiran  jangan diambil nanti kamu berbuat curang, kamu berbohong dan sebagainya jadi ada setan dan malaikat dalam pikiran kita. Jadi ketika dia berpikir-pikir biasanya yang mendasari keputusan terakhir dia ada  motivasi atau kebutuhan yang mendesak yang harus dipenuhi, akhirnya memutuskan untuk mengambil karena anaknya sakit atau suami perlu operasi,  atau berkekurangan sehingga 5 alasan ini menjadi  faktor pemicu utama ketika orang itu melakukan kecurangan  itu seperti apa jadi 5 alasan ini masuk alasan primer.

#6 Tidak Ada Pengendalian Secara Internal 

Di perusahaan Anda tepatnya disaat melakukan itu, di tempat Anda tidak ada pengendalian secara internal (ex: orang punya ratusan juta dikas tapi tidak pernah di opname/ ada ratusan juta dikas tapi tidak pernah dicek bukti pengeluaran kasnya), ini akan mempermudah mereka melakukan kecurangan. Jadi kita harus pikirkan ketika tidak ada pengendalian internal  berarti harus bagaimana mengontrol karyawan karyawan tersebut..

#7 Memiliki Hubungan Kurang Baik Dengan Perusahaan

Karena karyawan-karyawan dilapangan mungkin tidak memiliki hubungan yang baik dengan Anda. Mereka beranggapan “saya melakukan ini tidak ada untungnya, dia juga tidak ada berbuat baik pada saya” ini yang menjadi alasan mereka untuk melakukan kecurangan.  Kalau Anda baik dengan karyawan Anda dan tulus memberi perhatian pada karyawan Anda mungkin mereka akan berfikiran pimpinan saya baik, selalu memberi saya, dan selalu memperhatikan saya, maka mau ngambil akan merasa tidak enak/sungkan.

Jadi kita harus memikirkan, apabila tidak ada sebuah pengendalian maka kita harus membuat SOP, stockopname, caseopname, tracking data, dan sebagainya. Kalau tidak ada hubungan baik dengan karyawan kita harus buat treatment karyawan seperti buat gathering, training,  dan sebagainya. Memberikan reward dan punishment untuk karyawan dan berikan jalan-jalan. Supaya mereka merasa  pimpinan mengerti mereka, pimpinan paham dengan mereka. 

#8 Bosan Dengan Lingkungan Kantor 

Mungkin mereka bosan dengan lingkungan kantor, dari dulu sampe sekarang segini-segini aja,  gaji dari dulu sampe sekarang naiknya cuma 10% , naik gaji susah, nah ini yang mungkin bisa jadi jadi pemicu karyawan anda melakukan fraud juga karena mereka bosan  tidak ada tantangan baru, kenaikan jabatan yang baru dan sebagainnya. Biasanya orang yang nganggur tidak ada yang baru mereka tidak bisa berfikir dengan baik mungkin akan berfikir apa yang bisa dikerjakan (ex: ada yang bolong nih ambil aja ) itu suatu hal yang kurang baik.

#9 Ada Motivasi Untuk Balas Dendam 

Yang paling parah adalah adanya motivasi balas dendam.  Jangan sampai ada karyawan Anda merasa marah sekali dan dendam dengan Anda atau semua management yang akhirnya bisa menyebabkan suatu fraud yang cukup parah karena waktu dendam mereka mikir apabila ketahuan tidak akan menjadi masalah tetapi yang penting bisa diambil, ini yang harus dihati-hati.  Jadi apabila disimpulkan, kesembilan alasan tadi antara lain :

  1. Sasaran yang menarik  buat pelaku
  2. Pelaku menilai keberhasilannya tinggi
  3. Resiko tidak terdeteksi besar
  4. Pelaku berada pada tempat dan waktu yang tepat
  5. Kurang pengendalian perusahaan
  6. Tidak ada hubungan baik dengan pimpinan
  7. Karyawan mulai bosan
  8. Kebutuhan mendesak dan motivasi pelaku
  9. Adanya suatu motivasi untuk membalas dendam kepada suatu pihak

Apabila Anda ingin tahu lebih lengkap terkait penyebab terjadinya Fraud di perusahaan, ikuti sekarang juga seminar “5 Strategi Mencegah dan Meminimalkan Fraud di Perusahaan” yang akan langsung di bawakan oleh bapak Dedy Sidarta, BKP. CFP. QWP. AEPP selaku CEO & Founder dari D’Consulting Business Consultant yang telah banyak memiliki pengalaman menangani berbagai masalah Fraud yang sering terjadi di perusahaan. untuk info seminar lebih lengkapnya silahkan klik tombol di bawah ini

Info Lengkap Seminar
DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube