Cara Tepat Mengukur Kinerja Perusahaan

Dalam cara tepat mengukur kinerja perusahaan ada beberapa konsep yang bisa digunakan, karena bentuk usaha yang kadang kita jalankan berbeda dengan usaha yang lain. Sekarang perlu kita pahami konsep Kinerja perusahaan adalah hasil dari kegiatan manajemen. Parameter yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan di mana informasi keuangan diambil dari laporan keuangan atau laporan keuangan lainnya. Penilaian kinerja bertujuan untuk menentukan efektivitas operasi perusahaan.

Continue reading

Cara Mudah Untuk Menjalankan SOP Dengan Baik dan Benar

Anda memiliki bisnis tapi tidak mengerti apa yang harus dilakukan dengan bisnis Anda ? Apakah bisnis Anda sudah memiliki standar prosedur yang baik dan benar ? hmm.. mungkin bagi seorang pengusaha yang memiliki beberapa macam bisnis sering-sering bertanya bagaimanakah cara standar prosedur bisa dijalankan dengan baik dan benar??... Mari kita mulai bahas.

Didalam menjalankan standar operasional prosedur di Perusahaan Anda, maka hal yang menjadi dasar adalah  mengenai proses pengendalian manajemen. Nah... Apa yang dimaksud dengan proses pengendalian manajemen? Mari kita bahas, proses pengendalian manajemen merupakan cara untuk mengukur kemajuan kegiatan yang berdasarkan atas perencanaan yang sudah ditetapkan dalam rangka tujuan organisasi, lalu kemudian di evaluasi serta dicari alternatif solusi dalam rangka penyelesaian masalah yang terjadi dalam pelaksanaannya. Dalam menjalankan suatu bisnis perlu adanya pengendalian atau kontrol agar bisnis yang dijalankan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Maksud dari pengendalian ini lebih mengarahkan ke segi positif.

Tujuan dalam pengendalian manajemen ini adalah untuk mendorong, membantu dan memotivasi manajer dan karyawan untuk melaksanakan strategi organisasi dan untuk mematuhi kebijakan organisasi dalam pelaksanaan tersebut. Pengendalian manajemen tidak terlalu menekankan pada pencarian dan perbaikan kesalahan dan ketidak beresan. Akan tetapi fokus pada implementasi rencana, tentu hal ini perlu membutuhkan pertimbangan-pertimbangan psikologis yang kuat.

Continue reading

Pentingnya “TEAM BUILDER” Untuk Pengembangan Bisnis

Berikan seekor rusa untuk dimasak pada seorang pria, maka dia akan bisa bertahan untuk beberapa saat.

Berikan panah dan ajarkan cara menggunakannya pada seorang pria, maka dia akan bisa bertahan seumur hidupnya

Peribahasa diatas menggambarkan apa yang terbaik yang seharusnya kita lakukan. Apabila kita sebagai pimpinan sebuah perusahaan, analogi peribahasa tersebut meminta kita untuk memberikan sesuatu yang tepat kepada staf/karyawan/team. Hal yang tepat untuk kita berikan adalah ilmu dan pengalaman, yang mana akan diperoleh setidaknya dengan cara pelatihan.

Continue reading

9 Langkah Utama Melakukan Kontrol Keuangan di Perusahaan Anda

Untuk menilai bisnis yang sedang kita jalankan, apakah bisnis tersebut berjalan lancar, apakah gagal, laba ataukah rugi? Bagian apa dari operasi yang berfungsi sebagai hambatan, dan bagian apa yang bertindak sebagai penggerak pertumbuhan dalam operasi bisnis Anda?

Jawaban atas semua pertanyaan ini terletak pada pemantauan keuangan rutin dalam bisnis. Tanpa laba yang memadai, arus kas teratur, dan angka penjualan yang kuat, tidak ada bisnis yang dapat berhasil. Itulah sebabnya pemilik bisnis atau manajemen senior harus meminta laporan rutin dari kinerja keuangan perusahaan yang Anda.

Trus apa cara mudah melakukan kontrol keuangan  di Perusahaan Anda?? Mari kita simak penjelasan langkah utama melakukan kontrol keuangan Perusahaan dibawah ini :

Continue reading

Peran Penting Key User di Perusahaan

Peran penting Key User di perusahaan?? Apa sih itu Key User? Masih bingung atau masih baru pertama kali mendengar kata kata itu ya? yuk langsung saja simak penjelasan mengenai Key User beserta peran pentingnya di perusahaan.

Bagi para pengusaha atau pelaku bisnis tentunya tidak asing dengan Key user. Key user mempunyai peran sangat penting di perusahaan. Sebelum kita membahas lebih detail mengenai key user, mari kita me-refresh kembali terkait apa sih definisi dari SOP (Standar Operasional Prosedur) itu sendiri.

Continue reading

1

Pentingkah Audit Laporan Keuangan di Perusahaan??

Dalam materi kali ini, kami akan membahas tentang Pentingkah Audit laporan keuangan di Perusahaan?? Sebelumnya kami akan menjelaskan apa itu AUDIT?? Audit merupakan proses dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti – bukti temuan atas transaksi maupun informasi yang didapat dalam proses pemeriksaan agar dapat menentukan apakah transaksi yang terjadi telah sesuai atau transaksi maupun informasi yang ada sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi.

Continue reading

1

Kenali ERP Sejak Dini dan Tingkatkan Nilai dan Daya Saing Perusahaan

Pada era dimana teknologi berkembang pesat seperti saat ini, perubahan seringkali begitu cepat terjadi. Hal tersebut turut menuntut berbagai macam bisnis dan usaha untuk turut mengikuti perubahan secara cepat dan tepat. Pengambil kebijakan dituntut mengambil kebijakan untuk menyikapi perubahan yang terjadi. Namun, seringkali pengambil kebijakan dalam perusahaan kekurangan informasi guna menentukan arah dan kebijakan perusahan. Informasi tersebut tidak dapat tersedia dengan cepat karena kompleksitas fungsi dan proses bisnis yang sangat tinggi. Sehingga pihak pengambil kebijakan diharuskan melakukan analisa dari masing-masing fungsi bisnis yang tersedia.

Tingkat kompleksitas dari fungsi bisnis bisa terjadi karena banyaknya aktivitas kerja yang ada dalam perusahaan. Menurut Michael Porter pada buku Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance (1985), seluruh kegiatan dalam perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa dapat digambarkan dengan Value Chain  Continue reading

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube