Pelajari 6 Tips Bagaimana Cara Membentuk Team yang Efektif?

Bekerja dengan tim merupakan salah satu syarat yang diharuskan untuk kelangsungan sebuah perusahaan di era sekarang ini. Mengapa dapat dikatakan demikian ? karena sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik jika memiliki tim kerja ( team work ) yang baik di dalamnya. Untuk itu mari pelajari 6 Tips Bagaimana Cara Membentuk Team yang Efektif itu seperti apa.

Bekerja dalam sebuah tim merupakan salah satu bentuk keharusan ketika tergabung dalam sebuah perusahaan / organisasi yang mana di setiap divisi terdiri dari banyak orang. Agar kita bisa membangun team secara efektif tentu harus ada yang kita perhatikan, apakah yang harus dipelajar? Berikut 6 Tips bagaimana cara membentuk team yang efektif :

  1. Ditentukannya tujuan dibentuknya tim

Menetapkan tujuan dari dibentuknya sebuah tim kerja akan membantu tim Anda selalu berada di jalur yang tepat untuk melakukan upaya-upaya meraih kesuksesan. Komunikasikan tujuan dan harapan apa yang ingin Anda capai kepada tim kerja. Sehingga, mereka memahami apa yang Anda inginkan sebagai seorang pemimpin tim. Dan ada sinergi antara pemimpin serta anggotanya untukencapai tujuan tim tersebut

  1. Leadership

Ini adalah salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah team kerja, mengapa dapat dikatakan demikian ? karena jika di dalam sebuah tim tidak ada pemimpin yang tegas dan memiliki jiwa kepemimpinan sudah bisa dipastikan tidak ada yang memastikan serta tahu sebatas mana para anggota tim berkontribusi dalam tim. Dalam beberapa kasus, terkadang pemimpin tidak mutlak diperlukan. Bahkan tim yang dapat mengelola diri sendiri tanpa intervensi manajer atau pemimpin memberikan hasil yang jauh lebih baik. Ini dikarenakan, biasanya pemimpin terlalu banyak memberikan tugas kepada tim tersebut.

Namun, pada kasus yang lain pemimpin yang dipercaya oleh anggota tim akan memberikan stimulasi positif bagi hasil kinerja tim daripada tim tanpa leader.

Oleh karena itu, perlunya pemimpin membentuk kepercayaan pada anggota tim serta menularkan suasana positif yang dimilikinya melalui kejujuran dan transparansi. Sehingga, tim masih dapat berjalan efektif meskipun saat pemimpin berada di tempat kerja maupun tidak.

  1. Rancangan kerja / planning to do list

Pemimpin tim / sebuah tim hatrus punya rancangan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan, kenapa demikian ? agar tujuan dari tim ini dibentuk bisa tercapai dengan efektif

  1. Komitmen

Komitmen mungkin mudah diucapkan tapi susah untuk dilakukan, jika komitmen dijalankan dengan sungguh – sungguh maka akan dapat dengan mudah dalam bekerja dalam sebuah tim

  1. Komunikasi

Hal yang tak kalah pentingnya dalam membentuk sebuah tim yang efektif adalah komunikasi, Tim Anda tidak akan bisa bekerja optimal jika tidak ada komunikasi yang baik. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa hubungan Anda dengan rekan-rekan didasari oleh komunikasi yang tulus dan jujur. Begitu juga dengan atasan dan perusahaan. Pastikan hasil kerja tim selalu mendapatkan umpan balik dari atasan dan perusahaan.

  1. Reward / penghargaan

Berikanlah penghargaan atas usaha keras, ide, dan kreativitas tim yang telah dituangkan pada pekerjaan. Meskipun terkadang anggota tim tidak meminta, namun pujian tulus dari atasan atau pimpinan secara emosional akan memberikan semangat dan dorongan untuk lebih berkembang.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada pula tips yang tak kalah penting yaitu penghargaan atas pemberian insentif berupa uang yang mungkin juga diperlukan. Motivasi berupa reward atas kinerja bisa menjadi salah satu yang sepertinya sepele namun berdampak besar untuk membangun tim kerja ( team building ) yang lebih solid dan efektif. Sekian pembahasan mengenai tips mengenai bagaimana cara membentuk team yang efektif, apabila dari penjelasan diatas ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami dan apabila Anda membutuhkan bantuan untuk memperbaiki management kantor Anda bisa langsung konsultasi GRATIS dengan KLIK tombok dibawah ini sekarang juga.

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube