1

Pentingkah Audit Laporan Keuangan di Perusahaan??

Dalam materi kali ini, kami akan membahas tentang Pentingkah Audit laporan keuangan di Perusahaan?? Sebelumnya kami akan menjelaskan apa itu AUDIT?? Audit merupakan proses dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti – bukti temuan atas transaksi maupun informasi yang didapat dalam proses pemeriksaan agar dapat menentukan apakah transaksi yang terjadi telah sesuai atau transaksi maupun informasi yang ada sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi.

#1 Mengapa audit diperlukan dalam sebuah perusahaan?

Audit diperlukan bagi perusahaan karena audit dapat membantu sebuah perusahaan untuk tetap bertahan atau mencari tahu dan mencegah kecurangan yang terjadi dalam suatu perusahaan sehingga kecuurangan tersebut dapat segera dicegah maupun diatasi. Selain itu audit dapat digunakan untuk mengevaluasi atau meningkatkan efektivitas pada sebuah perusahaan.

#2 Lalu hasil audit berguna bagi pihak – pihak siapa saja?

1. Bagi Pihak yang di Audit

Bagi Pihak atau perusahaan yang diaudit, audit dapat menambah kredibiltas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut dapat dipercaya untuk kepentingan pihak luar entitsa seperti pemegang saham, kreditor, pemerintah, dan lain – lain. Kedua audit dapat mencegah fraud yang akan terjadi atau menemukan fraud yang sudah terjadi sehingga dapat segera di atasi dan  agar tidak terulang kembali kejadian yang sama. Ketiga, memberikan dasar yang dapat lebih dipercaya untuk penyiapan Surat Pemberitahuan Pajak yang diserahkan kepaada Pemerintah. Keempat, membuka pintu bagi masuknya sumber- pembiayaan dari luar. Kelima, menyingkap kesalahan dan penyimpangan dalam catatan keuangan.

2. Bagi Anggota Lain Dalam Dunia Usaha

Bagi anggota lain dalam dunia usaha yang dimaksud contohnya adalah kreditur atau karyawan perusahaan itu sendiri. Manfaat yang pertama yaitu memberikan dasar yang lebih meyakinkan para kreditur atau para rekanan untuk mengambil keputusan pemberian kredit. Kedua, audit dapat memberikan dasar yang lebih meyakinkan kepada perusahaan asuransi untuk menyelesaikan klaim atas kerugian yang diasuransikan. Ketiga, audit dapat memberikan dasar yang terpercaya kepada para investor dan calon investor untuk menilai prestasi investasi dan kepengurusan manajemen. Keempat, audit dapat memberikan dasar yang objektif kepada serikat buruh dan pihak yang diaudit untuk menyelesaikan sengketa mengenai upah dan tunjangan. Kelima, audit dapat memberikan dasar yang independen kepada pembeli maupun penjual untuk menentukan syarat penjualan, pembelian atau penggabungan perusahaan. Keenam, audit dapat memberikan dasar yang lebih baik, meyakinkan kepada para langganan atau klien untuk menilai profitabilitas atau Audit Finansial, Audit Manajemen, Dan Sistem Pengendalian Intern  rentabilitas perusahaan, efisiensi operasionalnya, dan keadaan keuangannya.

3. Bagi Badan Pemerintah atau Pihak – Pihak yang Bergerak Di Bidang Hukum.

Manfaat audit dapat memberikan tambahan kepastian yang independen tentang kecermatan dan keandalan laporan keuangan perusahaan sebagai dasar pengenaan pajak. Selain itu, manfaat audit dapat memberikan dasar yang independen kepada mereka yang bergerak di bidang hukum untuk mengurus harta warisan dan harta titipan, menyelesaikan masalah dalam kebangkrutan dan menentukan pelaksanaan perjanjian persekutuan dengan cara semestinya.

#3 Mengapa audit laporan keuangan harus dilakukan?

Audit laporan keuangan atau lebih sering disebut financial audit merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk menguji keandalan dari transaksi-transaksi keuangan, catatan akuntansi, dan laporan keuangan. Audit laporan keuangan ini penting dilakukan karena, pertama, adanya opnum-opnum tertentu yang dapat melakukan atau membuat transaksi fikstif yang dapat merugikan perusahaan. Kedua itu audit laporan keuangan diperlukan  karena adanya perbedaan kepentingan yang dapat menimbulkan permasalahan antara pembuat laporan keuangan (accounting) dengan para stakeholder. Ketiga, apabila perusahaan ingin mengajukan kredit ataupun investasi, para investor maupun kreditor mengandalkan laporan keuangan yang valid untuk memutuskan pemberian pinjaman atau investasi. Keempat, selain itu dengan dipublikasikannya laporan keuangan yang telah diaudit maka semakin banyaknya calon-calon investor yang semakin yakin dengan kualitas laporan keuangan dan dapat dijadikan sebagai lahan untuk investasi. Kelima, ketika para stakeholder ingin memeriksa laporan keuangan untuk dapat memastikan kesesuaiannya dengan informasi yang sebenarnya, para stakeholdermemiliki akses yang terbatas karena adanya kendala waktu, ketelitian, dan tenaga sehingga dibutuhkanlah seorang auditor.

#4 Apa tujuan dilakukannya audit laporan keuangan?

Tujuan dilakukannya audit keuangan adalah dapat mengetahui informasi tentang persediaan, harga yang ditetapkan, total aset perusahaan adalah benar sesuai dengan kejadian atau keadaan yang sebenarnya. Secara keseluruhan tujuan audit dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Appraisal of Control (Penilaian Pengendalian) yang berhubungan dengan pengendalian administrative pada seluruh tahap operasi perusahaan yang bertujuan untuk menentukan apakah pengendalian yang ada sudah efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Appraisal of Performance (Penilaian Kinerja) yaitu pengumpulan informasi yang selanjutnya dapat dijadikan dasar manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
  • Assitance to Manajement (Membantu Manajemen) dimana hasil audit dalam pemeriksaan operasioanal dan ketaatan merupakan rekomendasi – rekomendasi untuk perbaikan bagi pihak manajemen.

#5 Apa saja yang diaudit dalam melakukan audit laporan keuangan?

Sebelum melakukan audit, perusahaan perlu mempersiapkan data-data yang akan diperiksa. Sehingga dalam mengaudit laporan keuangan, hal-hal yang harus diperiksa antara lain:

  • Seluruh transaksi-transaksi yang terjadi di perusahaan, yang meliputi transaksi pembelian, penjualan, persediaan, jobcosting, kas dan setara kas, dan transaksi buku besar.
  • Seluruh dokumen-dokumen yang terkait dengan seluruh transaksi jual beli yang ada di perusahaan maupun dokumen yang terkait dengan alur persediaan dimulai dari bahan baku atau bahan mentah.
  • Seluruh saldo akhir terkait akun-akun yang terkait dengan jual-beli, mutasi persediaan, kas dan setara kas, dan seluruh saldo akhir yang ada di buku besar secara rinci.
  • Seluruh aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Kesesuaian dalam perhitungan dan pembayaran pajak.
  • Apabila terjadi selisih kurs, maka perlu dipastikaan apakah penyesuaian selisih kurs ini sudah benar.

Perusahaan dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya dengan dilakukannya audit secara teratur. Dilakukannya audit, perusahaan juga dapat memperoleh manfaat lain, yaitu meningkkan kredibilitas perusahaan, meningkatkan efisiensi dan kejujuran karyawan, meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, dan mendorong efisiensi pasar modal. Dengan demikian akankah lebih baik bahwa perusahaan melakukan audit untuk memastikan dan memeriksa adanya fraud dan keandalan laporan keuangan yang disiapkan oleh accounting. Audit juga dapat dijadikan sebagai pengendali atas pekerjaan accounting. Dalam melakukan audit laporan keuangan terdapat standar-standar yang perlu diketahui oleh para auditor dan tim di perusahaan. Hal ini dikarenakan tim yang ada di perusahaan di tuntut untuk kritis bila auditor tidak kompeten. Standar yang disahkan oleh IAPI (Institur Akuntan Publik Indonesia) meliputi:

1. Standar Umum

Standar ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Audit harus dilaksanakan oleh seseorang atau lebih yang mempunyai keahliandan pelatihan teknis yang memadai sebagai auditor
  • Auditor harus mempertahankan mental dari segala hal yang berhubungan dengan perikatan atau independensi.
  •  
  • Auditor juga wajib menggunakan keahlian profesionalnya dalam melaksanakan audit dan pelaporan dengan cermat dan seksama.

2. Standar Pekerjaan Lapangan

  • Seluruh pekerjaan audit dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya dan apabila menggunakan asisten maka harus disupervisi dengan seksama.
  • Tak hanya memperhatikan standar audit saja, pemahaman tentang pengendalian intern juga sangat dibutuhkan.
  •  
  • Bukti audit yang kompeten harus diperoleh melalui inspeksi pengamatan, permintaan, dan konfirmasi sebagai dasar yang memadai.

3. Standar Pelaporan

  • Laporan audit harus menyatakan apakah laporan keuangan telah disusun sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
  • Hasil Laporan Auditor harus menunjukkan kekonsistenan.
  • Pengungkapan informatif dalam laporan keuangan harus dipandang memadai, kecuali dinyatakan lain dalam laporan auditor.
  •  
  • Laporan auditor harus memuat pernyataan pendapat mengenai laporan keuangan secara keseluruhan bahwa pernyataan yang demikian tidak bisa diberikan.

6# Apa hasil dari Audit Laporan Keuangan ?

Hasil dari audit laoran keuangan ini berupa opini. Opini yang dikeluarkan ada 4 yang terdiri dari:

  • Wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion) yang artinya laporan keuangan disajikan sesuai dengan standar akuntansi (PSAK/IFRS/SAP)
  • Wajar dengan pengecualian (qualified opinion) yang artinya laporan keuangan dapat diandalkan namun pemilik kepentingan harus memperhatikan beberapa masalah yang diungkapkan auditor atas  pos yang dikecualikan agar tidak salah mengambil keputusan.
  • Tidak wajar (adversed opinion) yang artinya laporan keaungan tidak disajikan sesuai dengan standar akuntansi (PSAK/IFRS/SAP).
  • Menolak memberikan opini (disclaimer of opinion) yang artinya suatu nilai secara material tidak dapat diyakini auditor karana adanya pembatasan lingkup pemeriksaaan oleh manajemen sehingga auditor tidak cukup bukti.

Sekian untuk pembahasan materi pada kali ini, kesimpulan dari materi kali ini adalah penting hukumnya adanya audit laporan keuangan di perusahaan, karena berfungsi untuk membantu sebuah perusahaan untuk tetap bertahan atau mencari tahu dan mencegah kecurangan yang terjadi dalam suatu perusahaan sehingga kecuurangan tersebut dapat segera dicegah maupun diatasi. Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang ingin ditanyakan bisa langsung klik tombol dibawah ini mengenai detail lengkap tentang audit dan booking sesi konsultasi gratis dengan team kami. Informasi Detail Audit

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube