3

Apa Itu Cost Control? Ketahui 5 Tugas dan Tanggungjawabnya.

Di era saat ini banyak perusahaan yang menjalankan bisnis dengan berorientasi pada keuntungan atau biasa disebut profit oriented, Tetapi pada prakteknya tidak semua perusahaan bisa melakukan hal tersebut. Lalu sudahkah Anda tahu tentang fungsi, tugas dan tanggungjawab cost control yang bisa menjawab permasalah keuangan yang timbul pada perusahaan Anda. Berikut kami rangkum artikel tentang Apa itu Cost Control? Ketahui 5 Tugas dan Tanggungjawabnya.

cost-control, pengertian cost control, apa itu cost control

Peran Cost Control yang sangat vital bisa saja tidak efektif ketika keputusan manajemen tidak sejalan dengan visi Cost Control yang lebih mengacu pada efisiensi yang tepat dan terarah sehingga Cost Control harus mempunyai keberanian dalam menjalankan tugasnya dan harus memiliki argument yang logis dalam menjalankan tugasnya. 5 Tugas dan Tanggung jawab diperlukan dalam penggunaan aset perusahaan karena Cost Control punya peran untuk mengamankan kas atau setara kas perusahaan karena setiap aktivitas financing yang bersifat konsumable ataupun inventalisir dapat dimonitor oleh Cost Control.

1# Berikut adalah beberapa tugas utama dari Cost Control

  1. Mengatur dan melaksanakan proses inventory setiap bulan.
  2. Menerapkan semua kebijakan dan prosedur Cost control kepada semua department dan memastikan semua penghitungan  inventory  beserta bukti atau document pendukungnya.
  3. Reviewer – Comperhensive. Memastikan kebenaran dari setiap transaksi (terutama transaksi pengeluaran/ Pembelian)
  4. Comparing data.
  5. Double Control

Selain dari ke lima tugas utama cost control yang sangat membantu kita untuk mengontrol setiap alur proses keuangan dalam perusahaan, cost control juga memiliki  5 tanggungjawab  utama yang juga harus diketahui untuk memaksimalkan pengimplementasian cost control pada perusahaan.

2# Tanggung jawab cost controller :

  1. Mengawasi keluar masuk semua barang,Storekeepers dan  Receiving.
  2. Bekerjasama dengan Purchasing dalam hal pembelian harga barang serta penerimaaan barang.
  3. Mengecek order pembelian ( PO) dan Market list
  4. Membuat laporan daily Flash Cost
  5. Melaksanakan inventory atau penghitungan  semua barang setiap bulan serta membuat laporan bulanan ( Cost of product )

3# Standard Control atau Pengawasan

  • Mengawasi  penerimaan barang yang dilakukan oleh receiving dalam penghitungan quantity dan kualitas barang berdasarkan form order pembelian atau market list.
  • Mengawasi dan memastikan barang yang keluar dari store  harus di sertai dengan document Store Requestion yang lengkap ( Quantity Requestion item, Stock onhand,tanggal, nama, tanda tangan )
  • Mengecek semua document pendukung untuk pembelian ( Purchase Order, Purchase Requestion, Market List, Cash Purchase dsb) untuk semua jenis pembelian.

Jadi sangat penting cost control disuatu perusahaan guna untuk melakukan pengeluaran seminimal mungkin dapat menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin atau paling tidak perusahaan bisa menggunakan asetnya secara maksimal untuk memperoleh pendapatan. Apabila penjelasan diatas masih kurang jelas dan ingin menanyakan permasalahan seputar laporan keuangan, klik tombol dibawah ini dan booking sesi konsultasi gratis dengan team kami

Informasi Laporan Keuangan

Saat Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share menggunakan tombol sosial media (facebook, twitter, google+, atau linkedin) yang disediakan agar banyak orang mendapatkan mangfaatnya.

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini, dan team kami akan segara meresponnya.

 - Sharing is Caring -

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 3 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube