Peran Penting Key User di Perusahaan

Peran penting Key User di perusahaan?? Apa sih itu Key User? Masih bingung atau masih baru pertama kali mendengar kata kata itu ya? yuk langsung saja simak penjelasan mengenai Key User beserta peran pentingnya di perusahaan.

Bagi para pengusaha atau pelaku bisnis tentunya tidak asing dengan Key user. Key user mempunyai peran sangat penting di perusahaan. Sebelum kita membahas lebih detail mengenai key user, mari kita me-refresh kembali terkait apa sih definisi dari SOP (Standar Operasional Prosedur) itu sendiri.

SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya atau lebih tepatnya definisi dari SOP adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapihkan, dan menertibkan pekerjaan. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.

Setidaknya ada enam alasan utama mengapa membuat SOP merupakan hal penting untuk dilakukan di perusahaan, yaitu:

  1. Mengetahui peran dan posisi masing-masing SDM di perusahaan
  2. Memberikan kejelasan mengenai proses kerja dan tanggung jawab
  3. Menyediakan keterangan mengenai keterkaitan antara satu proses kerja dengan proses kerja lainnya
  4. Menjaga konsistensi dalam menjalankan proses kerja
  5. Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan proses kerja
  6. Membantu dalam evaluasi terhadap setiap proses kerja di perusahaan.

Dalam menjalankan SOP itu sendiri agar bisa berjalan dengan efektif diperlukan adanya penunjukkan atau seseorang yang dipercaya sebagai penanggungjawab dan pengontrol untuk masing-masing proses bisnis yang ada agar berjalan sesuai dengan aturan atau standar yang ada.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai SOP tapi saya akan membahas terkait betapa penting PIC (Person In Charge) atau bisa disebut key user dalam menjalankan SOP agar proses bisnis perusahaan bisa berjalan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Key user adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan siapa orang yang bertanggungjawab menangani hal tertentu. Posisi key user ini penting dalam kegiatan administrasi perusahaan. Seseorang yang mendapat posisi sebagai key user harus ahli untuk menangani hal yang penting dalam aktivitas perusahaan. Dalam menentukan key user untuk masing-masing proses bisnis, ada beberapa syarat atau langkah yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

  1. Paham betul dengan alur proses bisnis yang ada
  2. Tegas dalam mengontrol dan mengevaluasi ketika ada yang tidak tepat di area tanggung jawabnya
  3. Bisa menjaga konsistensi kerja untuk tim yang dibawah naungannya
  4. Mau bertanggungjawab atas pekerjaan di area tanggung jawabnya
  5. Memiliki keahlian tertentu yang menonjol.

Setelah kita mengetahui pengertian PIC atau key user, tujuan ditunjuknya key user, serta syarat-syarat yang dibutuhkan untuk ditunjuknya seseorang menjadi key user, kini mari kita mengetahui lebih jauh lagi dampak negatif yang terjadi jika tidak ada key user yang ditunjuk perusahaan. Kemungkinan yang bisa terjadi jika perusahaan tidak menunjuk key user atau penanggungjawab dengan alasan SDM masih belum ada yang memadai, maka ada dampak negatif yang terjadi pada perusahaan yang mana diantaranya adalah:

  1. SOP kurang berjalan dengan maksimal sekaligus optimal
  2. Hasil kinerja karyawan tidak ada yang mengawasi bagaimana kualitasnya
  3. Tim di masing-masing bagian tidak konsisten dalam bekerja
  4. Jika terjadi kesalahan pada suatu bagian, otomatis tidak ada yang mau untuk bertanggungjawab terhadap kesalahan tersebut
  5. Kemampuan masing-masing karyawan hanya rata-rata, tidak ada yang menonjol.

Berangkat dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa peran key user dalam SOP dan perusahaan sangatlah penting agar apa yang sudah tertuang dalam SOP terkait proses bisnis perusahaan bisa berjalan dengan maksimal dan optimal serta bisa terhindar dari kecurangan yang terjadi di perusahaan. Selain itu agar karyawan bisa mengembangkan keahlian dan tanggung jawab serta meningkatkan karir karyawan di perusahaan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin mengetahui informasi lengkap seputar sistem operasional prosedur silahkan klik tombol di bawah ini sekarang dan booking sesi konsultasi gratis dengan tim kami.

Konsultasi Sistem Operasional Prosedur

 

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Office SurabayaOffice JakartaInstagramFacebookYouTube