Rahasia Ampuh mendapatkan Profit yang Lebih Besar Tanpa Menambah Modal

Siapa dari Anda semua yang tidak ingin mendapatkan profit lebih besar? pasti semua mau dan penasaran bagaimana cara untuk mendapatkan ataupun menambah profit supaya lebih besar. Pengalaman kami bertahun tahun terjun di dunia bisnis dan keuanagn membuat kami tahu tentang strategi dan cara untuk mendapatkan profit yang lebih besar dari sebelumnya. langsung saja Berikut kami rangkum artikel tentang Rahasia Ampuh Mendapatkan Profit yang Lebih Besar Tanpa Menambah Modal. 

Silahkan baca dulu artikel tentang Tips Mudah Mendapatkan Laporan Keuangan yang Valid dan lanjutkan dengan membaca artikel ini. di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Anda bisa mendapatkan profit ratusan juta hanya dengan melakukan manajemen atas persediaan, hutang dan piutang usaha Anda. Sekarang saya akan coba saya sharingkan bagaimana Anda bisa mendapatkan profit yang lebih besar hanya dengan mengoptimalkan persediaan, hutang dan piutang usaha.

#1 PENGATURAN FLOW HUTANG USAHA BAIK, TERMIN HUTANG LEBIH LAMA DAN TANPA MODAL

Proses awal dari pada transaksi sebuah perusahaan biasanya dimulai dari proses pembelian barang/jasa kepada supplier. Tentunya kegiatan ini akan mempengaruhi posisi hutang Anda apabila Anda tidak langsung membayar kepada supplier Anda, dan juga posisi penambahan stok yang ada di gudang.

Banyak perusahaan yang diawal menjalankan usahanya terasa sangat susah mendapatkan hutang dari supplier, ditambah lagi mungkin nominal pembelian yang dilakukan cukup kecil. Namun seiiring berjalannya waktu banyak hal yang bisa Anda lakukan di area ini untuk meningkatkan profit dari pada perusahaan Anda. Berikut diantaranya :

Term Of Payment (TOP) / waktu pembayaran yang lebih lama, akan membuat Anda bisa melakukan transaksi operasional tanpa modal!

“Wah bagaimana bisa begitu pak?”, mungkin itu yang terlintas dipikiran Anda sekarang. Coba bayangkan jika seAndainya Anda dapat melakukan negosiasi dengan pihak supplier, mungkin dikarenakan Anda memiliki hubungan yang baik dengan supplier atau mungkin karena jumlah pembelian Anda besar, dan alasan lainnya. 

Maka Anda bisa melakukan negosiasi ulang dengan supplier terkait dengan lamanya waktu yang diberikan supplier untuk melunasi hutang-hutang Anda. Maka coba bayangkan apabila Anda memiliki hutang usaha dengan termin 3 bulan, begitu barang sampai digudang tidak lama Anda langsung jual kepada customer.

Lalu Anda hanya memberikan termin pelunasan piutang usaha kepada customer selama 1 bulan. Hmm.. biasa Anda bayangkan bukan? Pastinya Anda akan mendapatkan minimal 2 bulan kelebihan waktu untuk menggunakan selisih cash flow tersebut untuk kegiatan usaha yang lain, bahkan mungkin Anda bisa melakukan investasi dengan kelebihan cash flow tersebut.

Harga supplier fluktuatif, dikarenakan harga komoditas dan mata uang asing juga fluktuatif!

Mungkin ini yang dirasakan sebagian dari Anda, yang mungkin harga produk yang dibeli sangat erat kaitannya dengan keadaan makro ekonomi, khususnya untuk mata uang asing dan komoditas. Sebagai contoh apabila membeli dengan cara impor, maka pasti Anda akan bisa mendapatkan harga bahan baku yang fluktuatif.

Menurut kami kontrak jangka panjang untuk pengadaan barang oleh supplier dapat dilakukan, asalkan Anda memiliki bargain power yang kuat. Misal kuantitas pembelian yang dilakukan sangat besar, atau mungkin Anda memiliki link/network yang berkaitan dengan supplier tersebut, atau mungkin juga Anda memiliki kapasitas politik dan organisasi yang kuat.

Intinya cara ini dapat dilakukan dalam kondisi tertentu. Biasanya cara ini lebih mengedepankan aspek hubungan jangka panjang dan kontinuitas dalam melakukan pembelian. Sebagai contoh misal Anda sebuah perusahaan yang melakukan pembelian secara impor dan harga Anda berpengaruh kepada dollar, dapat disepakati harga tertentu dengan jumlah kuantitas pembelian tertentu. 

Dari sana mungkin Anda bisa membuat batas atas dan batas bawah dalam penentuan harga. Setelah terjadi penentuan batas atas dan batas bawah tersebut, maka harga pembelian Anda akan dikunci sesuai dengan harga kesepakatan.

Apabila ternyata didalam pelaksanaannya harga tersebut berubah melebihi batas atas atau batas bawah yang disepakati, barulah Anda bisa melakukan negosiasi harga ulang. Tentunya dengan teknik ini, Anda bisa lebih mengatur strategi pricing dipasar dan akhir harga produk menjadi lebih stabil.

Kolaborasi pembelian supaya bisa mendapatkan harga termurah!

Wah apa ini maksudnya? Hahaha.. ini memang tidak lumrah dilakukan oleh pengusaha Indonesia, namun ternyata hal ini sudah sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan diluar negeri yang mengedepankan aspek kolaborasi.

Maksud dari strategi diatas itu adalah mungkin Anda bisa mencari rekan-rekan yang memiliki kebutuhan atas barang yang sama disupplier yang sama. Dari sana Anda bisa membuat strategi pembelian secara besama-sama, sehingga kuantitas dan value pembelian yang dilakukan bisa lebih besar daripada melakukan pembelian secara sendirian.

Dengan cara ini tentunya Anda lebih memiliki bargain power yang kuat dan akhirnya bisa mendapatkan harga dan TOP yang lebih baik dari supplier.

#2 INVENTORY MANAJEMEN BAIK, CASH FLOW POSITIF DAN DEAD STOCK BERKURANG

Setelah mengatur proses menajemen hutang usaha dengan baik, maka proses berikutnya adalah bagaimana cara mengatur persediaan diperusahaan agar bisa menghasilkan profit untuk perusahaan Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan inventory management diperusahaan Anda, antara lain :

Buatlah sistem buffer stock.

Sistem buffer stock ini sering kali disebut sebagai kuantitas minimum dan kuantitas maksimum yang diperbolehkan untuk sebuah persediaan didalam perusahaan. Sistem ini berfungsi sebagai alarm apabila persediaan didalam perusahaan Anda sudah mencapai posisi minimum atau Anda tidak sengaja melakukan pembelian sehingga barang didalam gudang Anda overload atau melebihi batas maksimumnya.

Bisa dibayangkan apabila ternyata ketika akan melakukan penjualan, barang Anda posisi habis didalam gudang, dan akhirnya tidak bisa melakukan penjualan kepada pelanggan? Bahkan berakhir dengan dipendingnya proses penjualan yang cukup lama kepada customer, atau malah customer harus membeli kepada kompetitor Anda karena kebutuhan mendesak mereka atas barang tersebut?

So 2 hal ini yang mungkin harus Anda pikirkan, mengapa penting sekali membuat buffer minimum dari barang-barang yang Anda miliki!

Untuk kegunaan dari buffer maksimum persediaan akan terlihat ketika Anda memiliki barang yang berlebihan digudang. Hal yang akan terjadi ketika Anda memiliki kelebihan barang digudang adalah

yang pertama barang tersebut akan lebih lama untuk keluar dari gudang, dimana apabila diibaratkan Anda membeli barang tersebut menggunakan hutang bank, maka berapa kerugian bunga yang akan Anda tanggung, ketika barang itu semakin lama tertimbun didalam gudang?

Hal yang kedua adalah ketika memiliki kelebihan barang didalam gudang dan mungkin Anda tidak mengontrol kelebihan barang tersebut, lalu barang tersebut memiliki masa expired dan mungkin merupakan barang life style or fashion, maka sering terjadi ketika masa expired berakhir atau ketika jaman fashion sudah berubah, barang akan tidak laku dan tertimbun didalam gudang.

Itulah yang kita namakan sebagai dead stock atau barang mati. Secara pastinya barang mati ini akan menyita ekuitas atau modal yang kita miliki, dan tentunya akan menimbulkan kerugian yang material terhadap profit perusahaan Anda.

Racking / Palleting persediaan.

Langkah ini adalah langkah umum yang dilakukan oleh pengusaha dalam penataan barang. Namun terkadang langkah ini belum dilakukan secara maksimal. So apa yang harus Anda pikirkan untuk melakukan racking / palleting persediaan?

Pertama ketika Anda membuat sistem racking/palleting, lakukan grouping terlebih dulu atas persediaan yang Anda miliki. Kelompokan persediaan mana yang slow moving/fast moving, persediaan mana yang berat/ringan, persediaan mana yang memiliki volume besar/volume kecil. Tentunya hal ini juga harus mempertimbangkan mengenai jenis dan merk dari pada persediaan yang Anda miliki. Setelah mengetahui hal-hal ini barulah dapat menetapkan rak ataupun pallet yang tepat digunakan untuk menata persediaan.

Jangan lupa juga untuk memberikan kartu stock dan nama yang jelas dan detail terhadap setiap penataan barang. Hal tersebut berguna ketika nantinya akan dilakukan pecocokan dari pihak accounting pada saat stock opname.

Hal kedua yang perlu Anda pertimbangkan juga adalah pastikan dalam mengatur layout gudang dapat mudah dilalui oleh forklift, handklift atau peralatan lain untuk mengangkat barang. Kenapa hal ini perlu dipertimbangkan?. Bisa Anda bayangkan bila dengan kondisi gudang yang luas dan Anda tidak menggunakan forklift atau handklift dalam memindahkan dan meletakan barang? Tentunya biaya tenaga kerja untuk upah buruh yang digunakan pasti juga akan besar untuk menurunkan, menata dan menyiapkan barang Anda.

Pengaturan alur moving/perpindahan barang.

Sering kali perusahaan yang memiliki gudang yang besar, tidak memperhatikan alur moving/perpindahan barang, dikarenakan banyaknya space kosong didalam gudang tersebut, sehingga mereka dengan mudah meletakan barang disembarang tempat.

Namun menurut kami pengelolaan gudang dengan cara seperti itu, akan lebih memboroskan tenaga manusia ataupun bahan bakar peralatan yang digunakan untuk melakukan perpindahan barang. Bahkan terkadang delay time dalam proses produksi, juga mengakibatkan ketidakefisienan penggunaan mesin produksi dilapangan.

Hal ini juga yang perlu Anda pikirkan sebagai pengusaha, agar memperpendek dan mempercepat rantai pasokan barang sehingga dari proses awal pembelian, produksi sampai dengan penjualan akan dapat dilakukan dengan maksimal.

Buatlah program discount untuk barang-barang yang sudah mendekati masa expired atau masa old style fashion.

Program ini kadang  sering dilupakan oleh pengusaha-pengusaha yang memiliki banyak capital atau modal. Sering kali mereka hanya melakukan pembelian besar-besaran, dikarenakan mengejar harga murah dari supplier dan berakibat pada kelebihan pasokan barang yang ada digudang.

Apabila Anda sudah melakukan langkah-langkah yang kami sarankan sebelumnya, harusnya hal ini tidak akan terjadi. Namun bila sampai terjadi, maka program discount ini bisa menjadi salah satu solusi untuk segera menghabiskan barang yang over didalam gudang. Ketika melakukan program discount ini, jangan hanya pikirkan berapa profit yang masih dapat saya terima? Namun lebih kepada bagaimana bisa mendapatkan cash flow Anda kembali, daripada barang mati/dead stock tersebut.

Terkadang untuk beberapa klien kami, malah kami sarankan agar bisa menjual dengan harga pokok apabila memang diperlukan, dengan harapan supaya barang tersebut dapat segera keluar dari gudang dan dapat dirubah menjadi cash.

#3 PERCEPATAN PIUTANG USAHA, PELUANG INVESTASI DAN PENINGKATAN PROFIT

Proses setelah perusahaan melakukan penerimaan persediaan dan pengaturan atas persediaan dengan baik, maka berlanjut keproses berikutnya adalah proses penjualan. Proses penjualan akan dilakukan, dengan pemberian produk kepada customer dan nantinya customer dapat melakukan pembayaran atas penjualan tersebut via cash atau menggunakan Termin Of Payment (TOP), dimana mereka bisa berhutang kepada perusahaan sekian lama dan nantinya mereka harus membayar hutang mereka tersebut. Inilah yang dinamakan sebagai piutang usaha!

Di poin ini terkadang pengusaha juga ada kesalahan dalam membuat perencanaan pada point piutang usaha diperusahaan. Banyak pengusaha yang lebih mengejar sales/omzet, dari pada memikirkan termin pembayaran dari pada pelunasan piutang yang dilakukan oleh customer mereka. Sebagai contoh perusahaan manufaktur obat, sering kali hanya mengejar omzet dikarenakan berhubungan dengan rumah sakit dan BPJS dan mereka mendapatkan termin pelunasan piutang usaha mereka bisa 6 bulan atau lebih.

So dari hal tersebut, sering kali akhirnya mereka memiliki kesulitan cash flow, yang akhirnya mengakibatkan tindakan meminjam uang dibank adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk tetap bisa memutar roda operasional perusahaan.

“Pak tapi kita terkendala, karena semua kompetitor juga memberikan termin piutang yang sama”, mungkin itu yang ada dibenak Anda sekarang! Ya saya agree atas apa yang Anda pikirkan.

Memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk mengubah habit customer yang terbiasa mendapatkan termin lama, tiba-tiba harus diubah menjadi termin yang singkat dan harus segera melakukan pelunasan hutang mereka kepada Anda.

Namun ternyata beberapa cara ini pernah kami terapkan kepada customer kami, dan semoga cara ini bisa bermanfaat untuk Anda. Cara tersebut antara lain :

Buat strategy blue ocean didalam penjualan produk Anda.

Terkadang Anda harus bersaing secara harga dan termin pelunasan piutang, dikarenakan produk Anda adalah produk komoditas yang akhirnya tidak memiliki unique selling point dipasar.

Mungkin memang sekarang ini Anda memiliki banyak produk komoditas diperusahaan, bukan berarti Anda harus segera mengganti produk tersebut dengan produk yang lain. Namun sembari menjual produk yang lama, mungkin Anda bisa mencari produk-produk lain yang bisa mempunyai unique selling point daripada produk kompetitor Anda.

Buat pricing strategy yang berbeda dari pada pasar.

Terkadang pricing strategy yang tepat dan berbeda dipasar bisa merangsang customer Anda untuk membayar secara cash. Namun hal tersebut memang harus didukung oleh daya tawar produk Anda dipasaran.

Semakin Anda memegang produk yang memiliki USP yang tinggi, maka semakin bagus juga pricing strategy Anda dipasar. Sebagai contoh ada salah satu perusahaan cat di Indonesia, yang menggunakan unique selling pointnya adalah customer bisa menciptakan ribuan warna sesuai dengan keinginan customer.

Setelah customer sudah addict dengan produk yang ditawarkan, perusahaan cat tersebut akhirnya membuat berbagai macam event-event promo. Salah satunya mereka membuat event customer gatheringPada event tersebut mereka membuat berbagai promo menarik dan dengan potongan yang luar biasa besar, namun mereka diwajibkan untuk mengorder pada kuantitas tertentu dan diharuskan untuk membayar secara cash.

Yang unik pula adalah mereka selalu menampilkan customer yang membeli produk cat tersebut dengan jumlah besar didalam lcd tv yang ada dipanggung event. So pasti hal tersebut, juga akhirnya bisa memacu customer yang lain untuk menambah jumlah pembelian. Alhasil dari setiap event yang mereka lakukan saja, mereka selalu mencapai tingkat penjualan yang luar biasa!

  • Berikan gimmick yang menarik saat customer membayar lebih cepat dari jatuh tempo. Hal ini juga bisa dilakukan demi mempercepat pelunasan piutang yang dilakukan oleh customer Anda. Tentunya gimmick yang menarik ini bisa berupa discount tambahan, bonus, trip keluar negeri dan sebagainya. Tentunya Anda harus cukup kreatif dalam memikirkan program-program seperti ini.
  • Apabila memungkinkan buat divisi tambahan yang dikhususkan untuk retail. Terkadang apabila sudah tidak ada jalan keluar dari berbagai macam diatas, langkah ini bisa ditempuh untuk menyalurkan produk perusahaan Anda, namun Anda bisa mendapatkan uang cash dalam penjualannya.

Memang langkah ini tidak mudah, membutuhkan pertimbangan tertentu dan juga melihat produk yang Anda jual. Ada salah satu relasi kami yang bergerak dibidang alat-alat teknik. Bisnis alat teknik, sering kali dihadapkan pada pemberian piutang usaha kepada para customernya. 

Sehingga akhirnya relasi kami, membuka supermarket alat-alat teknik yang mana karena bidang usahanya retail, akhirnya mengharuskan seluruh customernya untuk membayar secara cash. And its work, bisnis relasi kami tersebut berkembang dan sampai memiliki beberapa cabang dengan omzet dan profit yang luar biasa pula!

Seperti yang sudah kami ulas diatas, untuk mendapatkan profit yang lebih besar sebaiknya Anda memiliki pondasi yang tepat dalam MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFESIEN. Kami sadar bahwa membuat dalam usaha MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFISIEN bukanlah pekara mudah, tetapi ini adalah HAL WAJIB yang perlu dilakukan agar Anda bisa mengatur keuangan usaha dan mendapatkan profit yang maksimal

Karena tidak mudah dan membutuhkan banyak pengalaman untuk bisa melakukan MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFESIEN, oleh karena itu Dconsulting banyak diminta bantuannya oleh banyak perusahaan di berbagai industri (Manufaktur, Distributor, Retail, Hotel, Restauran, Kontraktor, Jasa, EMKL, Forwarding, Pelayaran, Perikanan, Peternakan, Tambang, dsbnya) diberbagai kota di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih jelas tentang bagaimana Dconsulting bisa membantu Anda dalam membuat SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFISIEN untuk usaha, silakan pelajari service kami dengan klik tombol di bawah ini

Konsultasi Sitem Akuntansi

Apabila memang Anda rasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini melalui tombol social media yang disediakan, agar lebih banyak orang bisa mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan dibawah ini. Kami akan berusaha membaca komentar atau pertanyaan Anda dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

 

salam sukses berkelimpahan,

DConsulting.Id

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Office SurabayaOffice JakartaInstagramFacebookYouTube