Januari 3

0 comments

3 Kegunaan Sop Untuk Perusahaan Anda

“Kenapa kok penting perusahaan membuat sebuah SOP???”.

Sebenarnya memang ada benarnya orang mengatakan ketika memiliki suatu usaha meskipun tidak membuat SOP terlalu detail perusahaan tetap bisa jalan dan akan tetap profit. Tapi harus digaris bawahi kalau usaha kita mau berkembang “pastikan punya bisnis/usaha yang bisa dikerjakan tanpa harus selalu stay ditempat”.

Banyak orang yang memiliki usaha yang mana dia sendiri sebagai pemiliknya yang menjaga setiap saat ditempat usahanya tersebut, alhasil kemungkinan usaha tersebut berjalan hanya ketika adanya anda (si pemilik). Misalkan ketika si pemilik ini sakit atau dalam kondisi harus beristirahat selama kurang lebih 2 minggu atau lebih apakah selama itu usaha juga harus tutup/tidak berjalan.

Jadi dari situ kenapa suatu usaha harus dibuatkan SOP (Standart Operating Procedure). Sebenarnya dari awal buka suatu usaha pasti sudah memiliki/menggunakan suatu SOP yang sederhana (berupa SOP lisan). contohnya ketika membuka suatu toko dan memiliki suatu karyawan pasti ketika ada pembeli si pemilik akan memberi tahu kepada karyawannya seperti apa yang dilakukan ketika customer/pembeli datang, bagaimana mengambilkan barang yang diinginkan, dan bagaimana packingnya dan lain sebagainya, hal yang dilakukan tersebut sudah merupakan/termasuk SOP namun yang secara sederhana.

Namun ketika ingin usaha semakin berkembang harus memikirkan bagaimana membuat SOP yang benar dan yang lebih terstruktur, lebih detail dan terkoneksi dengan system administrasi keuangan yang digunakan. Jangan membuat SOP secara lisan saja yang manatidak dapat diterapkan pada seluruh lini.

Jadi ketika membuat SOP harus membuat sesuai standar proses/kegiatan apa yang harus dilakukan tim/karyawan satu persatu dari proses paling awal hingga proses akhir seperti penjualan keuangan dan lain sebagainya dan dibuat secara massif dan terstruktur. Maka nantinya SOP yang dibuat tersebut menjadi dasar alur proses didalam perusahaan seperti halnya kereta berjalan diatas rel dan sesuai dengan alur rel tersebut. Jadi kegunaan/ fungsi SOP dalam suatu usaha adalah :

  1. Salah satu cara anda bisa mengotomatisasi perusahaan
  2. Tanpa SOP yang jelas usaha bisa berantakan
    Jika usaha tersebut berantakan dan semakin lama semakin bertambah cabang jika tidak memiliki SOP yang jelas untuk semua cabang-cabang tersebut pasti usaha tersebut bisa jadi berantakan tidak terkontrol dan juga bisa terjadinya fraud.
  3. Memberikan tugas kepada team/karyawan (Delivery wewenang)
    Ketika usaha /perusahaan semakin berkembang tentunya ada orang/orang atau layer yang menjadi kepercayaan wewenang atau bisa diberi tanggung jawab (layer 1, layer 2 dan sebagainya) karena tidak mungkin dalam operasi proses perusahaan semua kegiatan dipegang sendiri. Salah satu dasar bisa memberikan wewenang kepada pihak lain didalam perusahaan tersebut salah satu dasarnya karena sudah ada SOP yang jelas.

Itulah penjelasan singkat dan bisa mulai Anda pikirkan untuk diterapkan di usaha Anda. Apabila mengalami kesulitan, hubungi kami dan dengan sangat senang hati kami pasti akan membantu Anda


Tags

sistem operasional, sistem operasional prosedur, SOP, standart operating procedure, tips bisnis


You may also like

PMK 44/PMK.03/2020: Dampak Terhadap Para Pengusaha

Cara Lapor SPT Tahunan bagi Wajib Pajak Makelar Melalui DJP Online

Leave a Repl​​​​​y

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube