3 Strategi untuk Memiliki Laporan Keuangan yang Valid

Masih bingung membuat laporan keuangan yang valid?, dan ingin tau apa yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuh laporan keuangan yang baik dan akurat?. Berikut kami rangkum mengenai 3 Strategi untuk Memiliki Laporan Keuangan yang Valid menurut pengalaman kami dilapangan selama bertahun-tahun.

laporan keuangan, keuangan

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan profit lebih didalam perusahaannya? Apalagi mendapatkan profitnya hanya melalui melakukan pengeloaan atau pengaturan yang tepat untuk inventory, hutang usaha dan piutang usahanya saja, sudah menghasilkan profit ratusan juta! And its work in our clients! Hehehe... so baca ulasan kami sampai habis ya... =)

Banyak pengusaha yang jago mendatangkan omzet milyar, puluhan milyar maupun ratusan milyar. Karena ternyata memang mendapatkan omzet yang banyak dapat dilakukan dengan berbagai macam strategi baik melalui offline ataupun online strategi. Ditambah lagi diera digital seperti sekarang, untuk mendapatkan omzet yang besar, mungkin bukan suatu masalah besar bagi Anda.

Namun sering kali omzet yang besar, belum tentu mendatangkan profit yang besar! Dan ini terjadi dibanyak perusahaan di Indonesia khususnya, dimana teknologi masih baru awal sekali diterapkan didalam perusahaan dan kapabilitas SDM didalamnya juga masih terbatas.

Sebelum kami memulai ulasan-ulasan selanjutnya, kami ingin tanyakan dulu kepada Anda. Cobalah pilih salah satu dari golongan pengusaha ini!

  • Anda adalah pengusaha yang memiliki perusahaan multinasional dengan omzet 100 Milyar per tahun, namun untung Anda hanya 1 Milyar per tahun. Dikarenakan biaya-biaya yang terjadi didalam perusahaan sangat besar dan tidak bisa dihemat?
  • Atau Anda adalah pengusaha kelas menengah yang memiliki omzet hanya 10 Milyar, namun memiliki untung 2 Milyar per tahun. Dan Anda dapat tetap memiliki waktu berkualitas untuk diri Anda dan keluarga Anda?

Saya yakin banyak dari Anda akan memilih pilihan yang nomor 2, benar bukan? Karena ini pilihan Anda dan cuma ada 2 pilihan tentunya akan mudah bagi Anda menentukan bahwa omzet 10 milyar dan untung 2 milyar, akan jauh lebih menggiurkan dari pada pilihan yang pertama. Tapi kenyataan dilapangan sangatlah berbeda.

Banyak pengusaha yang mementingkan omzet semata. Targetnya adalah omzet, omzet dan omzet! Bahkan terkadang mereka tidak melihat atau tidak memiliki laporan keuangan mereka yang valid untuk menentukan kondisi kesehatan keuangan mereka saat ini!

Pak masa seorang pengusaha tidak memperhatikan kondisi keuangan perusahaan mereka atau bahkan tidak memiliki laporan keuangan diperusahaan mereka?”, mungkin ini pertanyaan yang terlintas dibenak Anda sekarang ini. Hmmm miris memang, tapi memang keadaan yang kami temui dilapangan, banyak pengusaha yang seperti ini. Khususnya adalah pengusaha yang masih dalam skala perusahaan low to middle level.

Lalu apa sebaiknya yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan laporan keuangan yang valid??

Menurut kami ada 3 langkah awal yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan laporan keuangan yang valid, yaitu :

  • Membuat Standard Operating Procedure yang dapat diterapkan disetiap lini perusahaan
  • Memakai program akuntansi / software akuntansi untuk membantu pengontrolan kinerja keuangan perusahaan
  • Merekrut accounting professional untuk melakukan pengontrolan kondisi keuangan sesuai dengan keadaan sebenarnya

Hmmm mudah bukan caranya, namun coba kami jelaskan agar Anda dapat lebih memahami detail-detailnya....

#1 Membuat Standard Operating Procedure yang dapat diterapkan disetiap lini perusahaan

Pada dasarnya perusahaan yang baik dan siap untuk berkembang, pondasi awalnya mereka harus memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang baik untuk perusahaan mereka.

SOP yang baik adalah SOP yang memiliki standard yang baku namun tetap fleksible untuk bisa diterapkan disemua lini perusahaan.

Kami sudah membahas secara cukup lengkap pentingnya membangun SOP dan bagaimana meng-implementasikannya di artikel sebelumnya yang berjudul:

3 Strategi Menghindari Kerugian Puluhan Milyar karena Sistem yang Bermasalah

#2 Memakai program akuntansi/software akuntansi untuk membantu pengontrolan kinerja keuangan perusahaan

Banyak pengusaha yang hingga saat ini, meskipun usaha mereka sudah cukup besar masih menggunakan cara pembukuan manual dan paling sering menggunakan program microsoft excel untuk dapat membantu pencatatan kegiatan operasional dan keuangan mereka.

Memang program microsoft excel dapat membantu pengusaha untuk mencatat dan membukukan laporan keuangan mereka. Namun ternyata program excel tersebut tidak dapat menghasilkan laporan yang real time, dikarenakan dalam pembuatan laporannya program tersebut mengharuskan data-data setiap bulan terkumpul secara lengkap, barulah laporan tersebut dapat dibuat secara maksimal.

Ya meskipun ada beberapa orang (termasuk kami) yang bisa membuat program excel untuk dapat digunakan semaksimal mungkin dan sereal time mungkin.

Namun karena pada dasarnya program excel tidak dirancang secara khusus untuk otomatisasi proses operasional, maka tentunya pada saat penerapan dilapangan akan cukup kesulitan digunakan apabila dipadupadankan dengan SOP yang ada. Maka dari itu, untuk saat ini kami sering kali menggunakan program akuntansi dalam membantu percepatan perbaikan sistem keuangan diperusahaan klien-klien kami.

Satu yang harus dipahami diawal, bahwa program akuntansi ini bukan merupakan satu-satunya solusi untuk menjawab kebutuhan Anda dalam perbaikan sistem keuangan diperusahaan, melainkan program akuntansi ini adalah sebagai tools yang akan mempermudah kinerja dari team Anda.

Bagaimana Anda memilih program akuntansi yang baik?

Dilapangan ternyata banyak sekali program akuntansi yang beredar, mulai dari program kelas kecil, menengah hingga program yang kelas atas. Kami biasanya menyarankan kepada klien-klien kami saat mereka memilih program akuntansi, baiknya perhatikan beberapa hal berikut :

  • Sebaiknya membeli program akuntansi yang sudah jadi. Memang terkesan perusahaan akan mengikuti standard dari program, namun jauh lebih baik daripada Anda melakukan kustomisasi program akuntansi, namun hingga saat ini program akuntansi Anda tidak dapat dipakai dengan maksimal. Karena perusahaan Anda membeli program akuntansi yang sudah jadi, maka pilihlah program akuntansi yang sudah memiliki standard SOP tepat.
  • Program akuntansi tersebut sebaiknya sudah memiliki portfolio yang dipakai oleh banyak perusahaan. Dalam hal ini memang bukan berarti program yang dipakai oleh banyak perusahaan adalah pilihan program terbaik. Namun memang perlu kita ketahui bahwa dalam membuat program, sering kali diawal-awal ada bug atau eror yang terjadi didalam program.

Maka akan lebih menguntungkan bagi perusahaan Anda apabila program akuntansi tersebut sudah ditesting oleh perusahaan-perusahaan lain dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mereport bug atau eror-eror yang terjadi kepada customer service dari provider penyedia program tersebut.

  • Pilihlah program akuntansi yang memiliki support system yang handal. Dalam membeli program akuntansi, saya juga sering menyarankan kepada customer kami, bahwa cari program yang sudah lengkap dalam menyediakan support system. Support system tersebut dapat berupa manual book, online, video, chat, call, dsbnya. Intinya apabila terjadi kendala atau permintaan bantuan dari perusahaan Anda kepihak support, Anda dapat dengan mudah dibantu oleh mereka.

Apabila Anda mungkin masih bingung untuk dapat memilih program akuntansi yang tepat, Anda bisa request untuk sesi meeting online dengan kami secara gratis. Silakan klik tombol dibawah ini

Konsultasi Gratis

#3 Merekrut accounting professional untuk melakukan pengontrolan kondisi keuangan sesuai dengan keadaan sebenarnya

Terkadang banyak perusahaan yang tidak memiliki accounting yang capable untuk membuat laporan keuangan dengan baik, bahkan perlakuan standard dalam membuat laporan keuangan sering dilewatkan oleh mereka dalam membuat laporan keuangan.

So ketika perlakuan standard tersebut dilewatkan, bisa Anda bayangkan hasil laporan keuangan yang disajikan kepada Anda bukan? Hasilnya pasti laporan keuangan yang ada ditangan Anda sekarang ini tidak dapat mencerminkan kondisi keuangan sebenarnya dari pada perusahaan Anda. Akhirnya Anda mungkin bisa mengambil keputusan yang salah dikarenakan analisa dari data yang salah pula.

Untuk itu mengetahui kapabilitas dari seorang accounting sangat penting adanya. Lebih baik Anda memiliki accounting yang dulunya pernah memiliki pengalaman minimal 3 tahun di Kantor Akuntan Publik atau Kantor Konsultan seperti kami, meskipun bukan berarti semua orang yang pernah bekerja di Akuntan Publik atau Konsultan bisa membuat laporan keuangan dengan benar. Namun paling tidak Anda punya filtering awal untuk memilih accounting profesional yang tepat.

Seperti yang sudah kami ulas diatas, sebelum membuat laporan keuangan yang valid dan tepat sebaiknya Anda memiliki pondasi yang tepat dalam MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFESIEN. Kami sadar bahwa membuat dalam usaha MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFISIEN bukanlah pekara mudah, tetapi ini adalah HAL WAJIB yang perlu dilakukan agar Anda bisa mengatur keuangan usaha dan mendapatkan profit yang maksimal

Karena tidak mudah dan membutuhkan banyak pengalaman untuk bisa melakukan MEMBANGUN SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFESIEN, oleh karena itu Dconsulting banyak diminta bantuannya oleh banyak perusahaan di berbagai industri (Manufaktur, Distributor, Retail, Hotel, Restauran, Kontraktor, Jasa, EMKL, Forwarding, Pelayaran, Perikanan, Peternakan, Tambang, dsbnya) diberbagai kota di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih jelas tentang bagaimana Dconsulting bisa membantu Anda dalam membuat SISTEM KEUANGAN YANG TEPAT DAN EFISIEN untuk usaha, silakan pelajari service kami dengan klik tombol dibawah ini

Klik Untuk Konsultasi Dengan Team Kami

Apabila memang Anda rasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini melalui tombol social media yang disediakan, agar lebih banyak orang bisa mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan dibawah ini. Kami akan berusaha membaca komentar atau pertanyaan Anda dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

salam sukses berkelimpahan,

DConsulting.Id

Saat Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share menggunakan tombol sosial media (facebook, twitter, google+, atau linkedin) yang disediakan agar banyak orang mendapatkan mangfaatnya.

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini, dan team kami akan segara meresponnya.

 - Sharing is Caring -

DConsulting Team
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube